Usai onani, haruskah mandi besar?

Seorang pembaca artikel “Kecanduan masturbasi: Cara mengatasinya” bertanya, “apakah onani/masturbasi merupakan hadats besar yang apabila setelah melakukakannya harus mandi besar? atau cukup berwudhu saja?”

Jawaban M Shodiq Mustika:

Dalam kitab Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah juz 1, diterangkan bahwa menurut fukaha pada umumnya, yang mewajibkan mandi itu lima perkara:

      Keluar mani yang disertai syahwat
      Hubungan kelamin
      Terhentinya haidh atau pun nifas
      Mati
      Bila orang kafir masuk islam

Onani atau masturbasi itu bukan tergolong hubungan kelamin, tetapi ada kemungkinan keluar mani yang disertai syahwat. Jadi, kalau onani/masturbasi itu sampai keluar mani, maka wajiblah “mandi besar” (meratakan air ke seluruh tubuh).

Namun bila seseorang merasakan hendak keluar mani sewaktu syahwat, tetapi ia menahannya sehingga maninya tidak jadi keluar, maka tidaklah ia wajib mandi.

Dalilnya antara lain:

Sabda Rasulullah saw, “Air itu disebabkan oleh air.” (HR Muslim)

Demikian jawabanku. Sudah cukup jelas, bukan?

Comments
42 Responses to “Usai onani, haruskah mandi besar?”
  1. gunawan s mengatakan:

    assalamulaikum wr wb.

    saya mau tanya gimana kalo itu terjadi bila hanya sebatas mimpi basah / bermimpi berssetubuh apakah harus mandi wajib?

    bagaimana cara membedakan itu bukan mani , karena menurut yang saya pernah denger di bagi 3 namun saya lupa apa saja jenisnya , kemudian 2 dari ketiga jenis ga perlu mandi wajib, benarkah ?

    • amelia ananda mengatakan:

      assalamualaikum
      saya mau tanya saya prnah melakukan onani sampai keluar mani ketika saya ingin mandi besar tiba2 saya datang bulan.ketika selesai datang bulan bagaimana cara saya mandi?apakah mandi besar karena keluar mani atau mandi besar karena datang bulan?mohon penjelasannya,terimakasih

  2. M Shodiq Mustika mengatakan:

    @ gunawan s

    Dalam mimpi basah (sampai keluar mani) itu terkandung syahwat. Jadi, wajib mandi.

    Cairan yang keluar ketika mulai terangsang disebut madzi. Warnanya bening. Sedangkan air mani itu agak keruh. Keluarnya madzi memang tidak mewajibkan mandi.

    wa’alaykum salam wr wb

  3. ustadz dodo al-kahfi mengatakan:

    dalam syar’i bila keluar mani baik sengaja maupun tidak maka pelakunya di wajibkan mandi janabah.akan tetapi jika mengeluarkan madzi saja maka cukup membersihkan kemaluan lalu berwudu.

    jadi salah satu penyebab laki-laki onani adalah seorang wanita yang dengan sengaja menampakkan bentuk tubuhnya dabn kepada kaum hawa disarankan untuk menahan pandangannya

  4. Dhy mengatakan:

    ksus yg d ungkpkn d atas trjd pd laki2..bgmn jka onani trjd pd wanita..?wajib mandi bsar kah..?onani yg d mksd,bukn memasukkan sesuatu,tp hy skdr mengesek saja..gmn tu hukum’a..dan gmn pula hukum’a jka memasukan sesuatu..?

  5. Dhy mengatakan:

    kasus yg d ungkpkn d atas bla onani trjd pd laki2..bgmn jka onani trjd pd wanita..?wajib mandi bsar kah..?onani yg d mksd,bukn memasukkan sesuatu,tp hy skdr mengesek saja..gmn tu hukum’a..dan gmn pula hukum’a jka memasukan sesuatu..?(mandi besar kah?)
    tx’s..

  6. ryanti mengatakan:

    gimana cra menghilangkan ketergantungan bila melakukan hal tersebut…thanx

  7. brainsyuhada mengatakan:

    apakah madzi najis? sehingga kita harus ganti pakaian dan membersihkan kemaluan saat hendak sholat? jzklh

  8. adam mengatakan:

    teman saya pernah melakukan petting dengan pacarnya
    dan setelah melakukan ia sadar akan dosa itu.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ia wajib mandi besar
    2. setelah mandi ia tidak mengganti pakaian apakah sholatnya sah
    3. Apakah sholatnya diterima
    4. bolehkah ia membaca al-qur’an

  9. masda mengatakan:

    onani dosa ga sih?

  10. qieqy mengatakan:

    sy mau tanya kalau misalnya seorang perempuan keluar cairan seperti mani apakah wjb mandi besar??
    keluarnya secara tb2 tampa ada sebab.

  11. taufiq mengatakan:

    bagaimana jika itu telah menjadi kebiasaan apa hukum nya?

  12. XxX mengatakan:

    Na’udzubillah. Ya Allah jauhkanlah aq dr sifat itu. & ijinkanlah aq mnikah scpatx. Amin.

  13. Rahman mengatakan:

    Assalamualaikum…
    Apa bedanya antara mandi besar, mandi wajib, dan mandi junub??

    Apa yang hrs dilakukan seorang laki-laki yang sedang dalam keadaan masturbasi pada malam hari, sedangkan ia belum melakukan sholat isya’. Apakah diwajibkan mandi besar sebelum sholat, atau bagaimana??

    Bagaimana hukum sholat seseorang yang belum melakukan mandi besar?? Dosakah dia??
    Terimakasih…wassalamualaikum…

  14. Azid mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    apakah madzi dgn mani itu beda?
    bagaimana hukumnya jika mengeluarkan mani tanpa d sertai dng sebab?
    apakah harus mandi junub atau tidak
    apakah hal tersebut najis
    bagaimana bila melihat sesuatu atau perempuan lalu mengeluarkan mani, apakah wajib mandi junub atau tidak?
    apakah hal tersebut najis

    Terimakasih

    wassalamu’alaikum

  15. ea hrp mengatakan:

    bagaimana jika melakukan atas dasar horny? apakah syah puasanya jika tidak dan mandi wajib? apa bedanya? tanx

  16. ohp mengatakan:

    bagaimana jika seseorang baru mengetahui tentang adanya hukum mandi besar setelah sekian lama melakukan kebiasaan onani? apakah salatnya masih diterima atau tidak?

  17. Miftah mengatakan:

    apakah dosa mengelaurkan air mani dengan sengaja

  18. Nadwa mengatakan:

    Salam… Nk tya sgt2… Mcm mana nk kawal nafsu tgk video seks n buat onani? Smpai tahap nk tgk tu slalu x leh kawal

  19. arfha mengatakan:

    16.
    D’trma atw tdk’x shlat qt i2 smw’x trgntg kpd Allah Ta’ala, Yg pntig qt hrz brusaha agr bz trhndr dr smw prbuatn i2.

  20. سيافول هادي mengatakan:

    assalamualaikum,,
    dampak dari onani itu sendiri apa saja??……

  21. saoki mengatakan:

    klo ngeliat video bf trus keluar y wajib mandi karena keluarnya atas dasar syahwat

  22. eko pranata mengatakan:

    kalo gak tahan lg dengan sex nikah aja ya gak?

    • muhd azrul mengatakan:

      bagaimana kalau menggosok2 kemaluan hingga mengeluarkan air mani adakah itu dosa besar.dimaafkan allah kah kalau bertaubat

  23. jismi22@yahoo.com mengatakan:

    ass
    saya mau cerita nih
    hukumnya meminjam apa!!
    dan selain ituh
    apa hukumnya hadast kecil&hadast besar

  24. D-zan aishiteru part III mengatakan:

    bila kita onani di malam hari bulan rhamadhan dan pas waktu imsak kita belum mando besar dan paginya kita puasa sah tidak

  25. Sufyan mengatakan:

    Aslmma’kum ustaz, bagaimana hukum onani

  26. Iis mengatakan:

    Jika Qhodo puasa tidak dibyar,apa kah dosa?dan ap hkumny?

  27. Khairil Hidayah mengatakan:

    Terima kasih atas artikelnya, cukup menambah pengetahuan….

    kunjungi juga artikel ISLAMI punya saya yah.

    http://khairilhidayah.blogspot.com/

    Assalamualaikum

  28. faiuji mengatakan:

    assalmaulaikum,,bagaimana cara mandi wajip setelah onani??

  29. Bima prakoso mengatakan:

    zZz. .!!-,-
    teing lah,pararusing..
    engges lah kawan jgn kbnykn onani.mending kawio aja.biar puas sekalian.

  30. Bima prakoso mengatakan:

    zZz. .!!-,-
    teing lah,pararusing..
    engges lah kawan jgn kbnykn onani.mending kawin aja.biar puas sekalian.
    hahaha.!!!,-,-

  31. ari mengatakan:

    jika onani itu tlah menjdi kebiasaan kita sjak lama, bgaimana cara kita menghlngknnya, pdhal dari dri sendri sdh sangat besar niat untuk menghlngknnya, tpi karna kebiasaan itu smuanya jadi sulit untuk menghlngknnya.. dan nanti apkah ada dmpak negatif trhdap kualitas sperma ketika kita sering melakukan onani, salam ari. tlong jawab

  32. septian mengatakan:

    assalamualaikum,
    Pak uztad, pertanyaan saya jika kita mandi wajib setelah waktu shubuh di bulan ramadhan apakah tidak membatalkan puasa ?
    Apakah benar jika kita dalam keadaan junub diharamkan untuk makan dan minum?
    Trimakasih.
    Wasalamualaikum.

  33. Ankghiet D'mith Sukaraja mengatakan:

    Apakah dampak Onani bila keseringan..??
    dan bakalan pengaruh gak tar nya jadi kemandulan….??

  34. adi mengatakan:

    GIMANA hukumnya mani ynk keluar dgn sengaja apakah najis apa tidak

  35. nurhawa mengatakan:

    Assalaamu’alaikum
    sya mw tny, sya kn prnh 0nani n sy brhnti jk sdh mrasa nikmat n ad cairn yg klwr, tp k0k cri” sprti madzi, bkn mani. Jd it ap ttp mandi wajib, ustadz? Thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.