Indera Keenam menurut Al-Qur’an

saya pernah membaca buku dan buku itu berbunyi “orang yang sering bermimpi dan menjadi kenyataan maka orang itu memiliki indera ke enam” apa benar itu pak? … tolong beri saya penjelasan yang lengkap dan detail tentang indera ke-6 pak

Jawaban M Shodiq Mustika:

Semua orang memiliki indera keenam. Seperti pada pancaincera, ada yang dayacerapnya tinggi, ada pula yang dayacerapnya rendah. Seperti pada panceindera pula, dayacerap indera keenam dapat ditingkatkan disamping bisa menyusut.

Mengenai indera keenam, M Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Quran menerangkan:

… kita masih membutuhkan “sesuatu” di samping akal. Terserah Anda, apa nama “sesuatu” itu. Namailah “indera keenam” sebagaimana filosof dan psikolog menamainya, atau “bisikan atau gerak hati” seperti kata orang kebanyakan, atau “ilham, hidayat, dan firasat” menurut nama yang diberikan agamawan.

Tidak jelas cara kerja “sesuatu” itu, karena datangnya sekejap, sekadar untuk mencampakkan informasi yang diduga “kebetulan” oleh sebagian orang, dan kepergiannya pun tanpa izin orang yang dikunjungi.

Biasanya, “sesuatu” itu mengunjungi orang-orang yang jiwanya dihiasi kesucian, karena Allah tidak akan memberi hidayat kepada orang yang berlaku aniaya (QS Al-Haqarah [2]: 258), kafir (QS Al-Baqarah [2]: 264), bergelimang dosa atau fasik (QS Al-Ma-idah [5]: 108), melampaui batas lagi pendusta (QS A1 Mu’min [40]: 28), pengkhianat (QS Yusuf [12]: 52), dan pembohong (QS Al-Zumar [39]: 3).

Apakah ilham/hidayat/firasat itu berupa mimpi? Tidak selalu, bahkan seringkali tidak lewat mimpi. (Lihat “Petunjuk aneh bin ajaib itu dari Tuhankah?” Di situ, penjelasanku lebih rinci.)

Comments
28 Responses to “Indera Keenam menurut Al-Qur’an”
  1. heru handoko mengatakan:

    saya sering mimpi ,setelah saya ilhami, munkin yg terjadi di mimpi ,tidak masuk akal tapi ,setelah saya kaji bisa jadi hal yang baik dan dapat ambil sikap untuk perbuatan saya untuk kedepan , tapi arti dari mimpi masih banyak yg saya harus mengerti

    • Ama Kamajaya mengatakan:

      HANYA 2 hari bisa MENGAKTIFKAN INDERA KE-6
      & MEMBUKA MATA BATHIN.
      (TANPA bantuan jin, sihir, hipnotis dan obat2an).
      BERGARANSI, gagal bisa diulang.
      menggunakan system HIGH-TECH dan PELATIHAN AKTIVASI OTAK TENGAH.
      serius berminat hubungi aq di 085 722 999 772

      nb: lowongan kerja sbg marketing freeland, gaji 3jt + bonus 2jt/bln

  2. NUR MUBARAK mengatakan:

    dalam islam indra keenam berarti khowarikun liladat (luar dari kebiasaan), tergantung keyakinan kita, apabila kita meyakini bahwa kekuatan terletak pada indra keenam bukan pada Alloh SWT, maka otomatis orang itu ada dalam kemusryikan dalam arti menyekutukan Alloh SWT.

  3. tiny bukrie mengatakan:

    aku mengalami nya lewat mimpi juga dlm nyata, semoga ALLAH mengampuniku atas khilaf2 yg kulakukan

  4. rifai mengatakan:

    saya pernah atau sering mengalami hal dalam mimpi tapi kemudian terjadi di alam nyata…???kadang saya juga suka berfikir sepertinya minngu depan atau bulan ada peristiwa atau hal /masalah yang akan menimpaku dan itu jadi nyata

  5. sawung galing mengatakan:

    indra ke enam ada di hati kita masing2

  6. Shanty mengatakan:

    Saya,dari kecil hingga sekarang saya kelas 10 smk dan usia saya 17 tahun.saya sering mengalami hal hal aneh.namun saya tidak begitu menghiraukanya.kejadian aneh trsbt d antranya,kdang bermimpi dan mimpinya menjadi kenyataan,kadang bisa menebak,merasakan,mengetahui kejadian yang akan terjadi bebrapa hari ke dpan atw dlm wkt xg agk lma yang terjadi pada sese0rang atau diri saya sendri,namun saya tidak bisa selalu melihat makhluk halu,hanya saja saya dapat merasakan keberadaannya,namun juga kadang kadang.dll.

  7. andre mengatakan:

    _saya sering bermimpi,,dan mimpi itu menjadi kenyataan ,,,apakh itu bsa dikatakan indra ke6…._

  8. dhanie mengatakan:

    _saya sering brmimpi…ttpi mmpi itu menjadi kenyataan..apakh itu bsa dikatakan indra ke6_

  9. Sunarno A. Rakino mengatakan:

    Mungkin artikel ini sedikit membantu. Silahkan dibaca:

    http://www.wikimu.com/News/displaynews.aspx?id=13436

    Saya juga mengalami hal2 yg hampir sama, terutama dengan Sdri Shanty. Mata kita tidak bisa melihat makhluk halus, tetapi otak secara langsung menangkap dan bahkan bisa menvisualisaikan bentuknya.

    Hanya saja yang perlu kita pertimbangkan:
    1. apakah gelombang yang kita terima tersebut utuh atau setengah2. Kalau tidak lengkap infonya juga pasti nggak komplit.
    2. apakah gelombang yang kita tererima tersebut mengandung noise atau murni? Kalau ada noise/gangguannya maka bisa salah arti bahkan salah tuduh.

    Allah juga melarang kita percaya pada ramalan karena belum tentu benar.

    Terima kasih

  10. Ama Kamajaya mengatakan:

    wow siapa yang mau ikut pelatihan..
    HANYA 2 hari bisa MENGAKTIFKAN INDERA KE-6
    & MEMBUKA MATA BATHIN.
    (TANPA bantuan jin, sihir, hipnotis dan obat2an).
    BERGARANSI, gagal bisa diulang.
    menggunakan system HIGH-TECH dan PELATIHAN AKTIVASI OTAK TENGAH.
    serius berminat hubungi aq di 085 722 999 772

    nb: lowongan kerja sbg marketing freeland, gaji 3jt + bonus 2jt/bln

  11. annisa mengatakan:

    Punten..
    Saya mau tanya..saya bisa melihat dan merasakan kehadiran makhluk ghaib dari kecil..tapi saya merasa terganggu..dan tdk nyaman..apa bisa di hilangkan??kalo tidak,apakah ada tips supaya saya tidak merasa terganggu..saya gampang kaget..dan mereka suka tiba2 muncul..
    Terima kasih

    • Larios mengatakan:

      Dengan menyebut kalimat.kalimat Allah..
      Insya allah mreka akan takut dengan sendiri ny..

      Maaf bukan niat saya ingin menggurui..
      Tp karena saya jg memiliki kemampuan yg tidak semua orang bs melakukan ny..

  12. Alfath mengatakan:

    nuwun sewu
    saya bisa merasakan kehadiran makhluk ghaib, kadang bisa melihatnya tetapi saya hampir tidak memiliki rasa takut terhadap mereka, bisa membaca karakter seseorang dari mata walaupun belum pernah berbicara dengan orang tersebut (tidak seperti kebanyakan orang yang bisa membaca dari raut muka), bisa menebak kejadian yang hampir 100% benar di masa depan, apakah saya salah bila memiliki hal-hal tersebut karena ada salah satu teman saya yang mengatakan bahwa saya seperti peramal?

  13. muhammad tri anggoro mengatakan:

    saya bisa melihat tapi tidak sengaja kehadiran mahluk ghaib malahan
    kalau saya sedang solat tahajut sendirian seperti ada yang menemani saya solat tahajut
    di belakang saya,kadang kadang bisa mendengar orang sedang membicarakan jelek saya dari jarak jauh dengan sangat jelas bahkan bukan hanya mimpi saja yang jadi kenyataan bahkan saya melihat raut muka nya saja sudah tau kalau
    orang ini pakai susuk dan sebagai nya
    dan saya juga pernah mengalami mati suri selama tiga bulan pada waktu kelas 3 sd pda waktu itu saya juga mengalami di sunat sejak di dalam kandungan ibu saya sampai tetangga heran
    melihat nya
    yang aneh nya setiap setahun sekali saya bermimpi yang sama pada saat saya mengalami mati suri saya berjalan sedirian di suatu tempat nya itu ada jalan yang lurus banget dan di tepian nya nya itu indah banget bayak pepohonan yang indah dan saat bersamaan saya teringat aku ingin pulang kerumah saya bingung menemukan jalan pulang saya berhenti di pertengahan jalan terus saya terbangun pas bangun saya langsung nangis….

  14. Sonya mengatakan:

    bisa gak mengaktifkan indra ke 6 tapi jangan bisa liat syetan .

  15. Iqbal nurfaizi mengatakan:

    Saya sering alamin dejavu. Merasa ada yg memperhatikan. Merasa ada orang lain disamping sy dan ngobrol lewat pikiran ( gila x y hehe tapi ngobrolnya kek sma org beneran sih soalnya dramanya gk dipikir diotak sperti ngomonk ma orang :v )

  16. Feren Zaisma Lufita mengatakan:

    Nama ku Feren,umur ku 14 thn.Saya ingin tanya.Sejak saya berusia 5 thn,saya serng mnglmi kejadian” aneh.Sprti mimpi atau melihat hal” aneh.Nmn kekta umur ku 10 thn.Saya malah lebih serng meliht hal” itu dgn smkn jelas,hngga skrng.Saya mencrtkn hal ini kpd orang tua saya.Nmun bpak saya menganggp itu dgn respond yg krng baik.Beliau smpai berkta hal yg krng baik tentng saya.Itu lah kisah saya.Bagaimana saran’a agar lebh baik?
    Terima kasih

  17. nadia mengatakan:

    aku itu sebenarnya udah bisa nge lihat tapi di tutup,dan sekarang mau buka indra ke 6 mengembalikan penglihatan aku dan juga mimpi pasti terjadi

  18. Eliza Zuzana mengatakan:

    saya juga punya kakak perempuan, dia sering sekali mendapat informasi atau pesan dari orang tua yang sudah meninggal. Jika ada masalah besar dalam keluarga ibu sering datang lewat mimpi kakak, di dalam mimpi itu seperti menjawab solusi. Saya juga sering ada masalah seperti kehilangan duet, tanpa sadar kakak saya mengirim saya uang sebesar uang saya yg hilang.

  19. fitryanasari mengatakan:

    klu mnrt islam,yg px indra ke 6 hx para nabi dan rasul allah,klw yg sering dilihat itu adalah jelmaan dri syeitan.nabi muhhamad brkata smuah orang yg sdh mening2l tdk ada yg jd syetan’smuah orang yg mening2l lansung ditempatkan di padang ma’syar.

  20. tofan mengatakan:

    sbab bkn krna alloh. Itu musrik . KAFIR

  21. tofan mengatakan:

    KENTUT itu ktanya bau. Klau ada slahstu dri kalian bisa mncium bau kentut brti itu indara k 6 klian udah mormal 100%

  22. laura mengatakan:

    saya dari kecil mempunyai indra ke 6 tetapi suda di hilang kan tetapi kalu usia saya 17 taun indra ke 6 itu bisa terbit lagi

  23. Rio mengatakan:

    saya pernah bermimpi klo saya menangkap ratu ular hijau ukuran nya iitu sangat besar, bahkan ukuran badan saya cuma sama seperti ukuran lidah ratu ular tersebut …
    yang jdi pertanyaan apah arti dri mimpi saya … …?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.