Akibat Dipaksa Bertaubat

Pertobatan sudah dikumandangkan, syahadat pun diikrarkan. Artinya, ribuan anggota Al-Qiyadah Al-Islamiyah telah menyatakan kembali kepada agama Islam “yang tidak sesat”. Lantas, pertobatan yang bagaimanakah yang dihasilkan dari “taubat massal” itu?

Harian Umum Radar Jogja, 25 November 2007, mengabarkan:

Pria berusia 57 tahun [Budi Thamtomo, pimpinan Al-Qiyadah Al-Islamiyah Jateng-DIJ] … mengatakan, pertobatan akbar yang dilakukan di Masjid Babussalam Polda DIJ Jumat pekan lalu bukan berarti ia harus meninggalkan aliran yang sudah dipercayainya sejak tahun 2001. Pertobatan dilakukan atas pertimbangan ancaman kamtibmas yang disebabkan kehadiran aliran Alqiyadah [ditentang keras] di tengah-tengah masyarakat.

Adanya intimidasi dan penganiayaan menyebabkan penganut Al Qiyadah terluka. “Dari pertimbangan itu semua, kami tobat. Tapi untuk mengubah keyakinan itu sulit, apalagi sudah tertanam bertahun-tahun,” ujarnya.

“Bertaubat” tanpa mengubah keyakinan itu konon diikuti oleh banyak anggota Al-Qiyadah.

Budi Thamtomo mengaku tidak sulit mengendalikan anggota. Untuk mengumpulkan ribuan anggota seperti saat pertobatan masal di Masjid Polda DIJ pun, tidak sulit. Cukup melalui SMS, sehari saja massa sudah terkumpul. “Tobat kemarin itu saya hanya mengirim SMS pada hari Kamis, dan Jumatnya sudah terkumpul,” katanya.

Mursyid, salah seorang anak buah Budi Thamtomo mengakui masuk Al-Qiyadah merupakan panggilan hati. Karena sudah menjadi kepercayaannya, ia tetap akan meyakininya. Demikian pula Jimmy, pria tambun asli Jogja….

Nah! Begitukah cara “taubat” yang kita harapkan dari mereka? (Aku jadi teringat pada kasus “taubatnya” kelompok Islam Jamaah yang tampaknya hanya berupa ganti-nama menjadi LDII.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s