aku cinta Yenny Zannuba Wahid

Selaku orang awam, aku kurang mengenal Yenny Zannuba Wahid, putri Gus Dur. Hanya sesekali aku melihat wajahnya di televisi. Namun tulisannya, “Mengaktualkan Sinergi NU-PKB” (Jawa Pos, 4 Januari 2008), membuatku jatuh cinta kepadanya.

Kalimat-kalimatnya membuat hatiku berbunga-bunga.

Sebagai sebuah partai, PKB akan betul-betul dirasakan hadir di tengah-tengah publik bilamana mampu meletakkan keberpihakannya pada masyarakat level paling bawah.

Benar, masyarakat paling bawah-lah yang paling membutuhkan perhatian kita.

Bila berbicara tentang masyarakat yang paling bawah, tidak lain mereka adalah warga Nahdliyin.

Aku warga Muhammadiyah, bukan Nahdliyin. Jadi, aku tidak tergolong “masyarakat yang paling bawah”? (Asyiiik!)

Dalam kasus paling mutakhir, PKB menjadi satu-satunya partai yang membela hak-hak korban lumpur Lapindo, terutama untuk mendorong lahirnya hak interpelasi. PKB secara nyata menolak tawar-menawar politik yang diajukan pihak-pihak tertentu. Kendati sikap tersebut tidak populer, karena partai-partai lain cenderung melemah sikapnya, PKB tetap memantau perkembangan korban lumpur Lapindo dari waktu ke waktu.

Bravo! Kata-kata itulah yang membuatku jatuh cinta. I love you, Yenny Zannuba Wahid; aku cinta padamu. (Cinta sebagai sesama hamba Tuhan, bukan sebagai lelaki kepada perempuan lho!)

Lantas, apakah dalam pemilu kelak, aku akan memilih PKB? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Masih ada hal-hal lain yang perlu kupertimbangkan. Diantaranya, soal toleransi.

Baik NU maupun PKB mempunyai landasan teologis yang sama, yaitu paradigma ahlus sunnah wal jamaah (Aswaja). Salah satu ciri paradigma itu adalah … menjunjung tinggi sikap moderat, toleransi, dan kemaslahatan umat.

Bagus! Semoga Mbak Yenny bersama PKB-nya akan selalu moderat dan toleran. (Aamiin.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s