Mengubah Takdir dalam Tinjauan Biologis

Dalam tinjauan biologis, apakah takdir tidak bisa kita ubah (dengan seizin Tuhan)? Dengan kata lain, apakah gen yang diwariskan orangtua kepada anak bersifat tetap? Jawabannya saya dapatkan ketika membaca resensi Adam Kristian, “Gen, Misteri di Balik Kehidupan” (Jawa Pos, 2 September 2007), hlm. 9.

Yang diresensi itu adalah buku Kazuo Murakami, The Divine Message of DNA: Tuhan dalam Gen Kita (Bandung: Mizan Pustaka, 2007). Berikut ini saya kutipkan sebagian dari kalimat-kalimatnya:

Selama ini banyak orang yang salah paham dan menyangka gen yang diwariskan orangtua kepada anak … bersifat tetap. …

Murakami telah membuka pikiran kita dengan menunjukkan pengaruh gen yang berkelanjutan dalam hidup. Dengan ketekunannya melakukan penelitian dan percobaan yang tak kenal menyerah, akhirnya Murakami berhasil mengungkapkan bahwa gen-gen dalam tubuh manusia yang semula bersifat pasif dapat diaktifkan. Ia menjelaskan, gen-gen dalam tubuh manusia bersifat aktif dan fleksibel, artinya baik dan buruknya bergantung diri kita sendiri.

Pikiran dapat mengaktifkan gen-gen positif dan menonaktifkan gen-gen negatif. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan atau membangkitkan gen positif.

Pertama, positive thinking, yang akan membangkitkan gen-gen yang bermanfaat.
Kedua, selalu peka dan terinspirasi akan membuat kita awet muda dan panjang umur.
Ketiga, informasi baru dapat mengubah gen kita.
Keempat, niat baik akan memberi efek positif pada gen.

Bagaimana menurut Anda? (Kalau Anda belum yakin bahwa takdir itu bisa diubah, silakan simak artikel “Karena sudah ditakdirkan, perlukah mencari jodoh?“)

Comments
2 Responses to “Mengubah Takdir dalam Tinjauan Biologis”
  1. Achmad Sholeh mengatakan:

    Setahu saya Taqdir itu ada dua Muallaq dan Mubrom, yang Muallaq Sesuai Ketetapan Allah sedangkan Mubrom sesuai Ikhtiar manusia atau gimana ya pak shodiq kebalik ndak itu ya

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] penelitian genetika yang menerangkan hubungan sebab-akibat, lihat Mengubah Takdir dalam Tinjauan Biologis. Di situ diungkap bahwa “gen-gen dalam tubuh manusia bersifat aktif dan fleksibel, artinya […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s