Apakah pemahaman liberal itu merusak Islam?

Mengenai persolan “toleransi” dalam kaitannya dengan pemahaman “liberal” di kalangan umat Islam, marilah kita lakukan klarifikasi. (Pertanyaan-pertanyaan berikut ini terutama saya tujukan kepada siapa pun yang menuding bahwa saya “liberal” dan “merusak Islam dari dalam”.)

1) Apakah antum tidak bertoleransi terhadap keislaman seseorang atau lembaga yang (dalam anggapan antum) mengandung sifat liberal? Apakah orang atau lembaga Islam yang mengandung sifat liberal itu pasti ingin merusak Islam dari dalam?

2) Disamping bersifat salafi di bidang aqidah dan ibadah mahdhah, Muhammadiyah bersifat liberal di bidang muamalah. Apakah antum tidak bertoleransi terhadap Muhammadiyah di bidang muamalah? Apakah di bidang muamalah, Muhammadiyah merusak Islam dari dalam? (Untuk contoh, lihat “Pacaran ala Muhammadiyah“.)

3) Melalui penulisan kitab Kebebasan Wanita, Abdul Halim Abu Syuqqah (ulama Ikhwanul Muslimin) bersifat liberal dalam persoalan hubungan pria-wanita. Apakah antum tidak bertoleransi terhadap Abu Syuqqah dalam persoalan hubungan pria-wanita? Apakah di bidang hubungan pria-wanita, Abu Syuqqah merusak Islam dari dalam?

4) Ketika menerbitkan buku Abu Syuqqah, Kebebasan Wanita (mulai 1997), dakwah Gema Insani Press bersifat liberal. Apakah antum tidak bertoleransi terhadap GIP dalam hal penerbitan buku tersebut? Apakah dengan menerbitkan buku tersebut, GIP merusak Islam dari dalam?

Comments
2 Responses to “Apakah pemahaman liberal itu merusak Islam?”
  1. Fanddy Dianoor Tjokroaminoto mengatakan:

    Tapi bisakah Liberal itu hanya ditunjukan di dalam Penerapan sikap

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Aku salut deh. Apalagi aku sedang merindukan penghargaan terhadap perbedaan. Misalnya, terhadap mereka yang sedikit-banyak berpaham liberal. Juga, persaudaraan yang […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s