Kuburnya Berbau Wangi

Abu Manshur Ghalib bercerita: Imam Bukhari singgah di rumah kami selama beberapa hari. Kemudian ia sakit dan sakitnya bertambah parah. Bahkan, sampai-sampai ia perlu mengutus orang untuk menemaninya pulang kembali ke Samarqand. Menjelang berangkat, ia mengenakan khuff dan sorban.

Setelah berjalan duapuluh langkah, dengan kupapah dan dituntun oleh orang utusanku untuk menaiki keledai, Bukhari berkata, “Lepaskan aku! Aku memang sangat lemah.” Lantas, ia berdoa.

Seusai berdoa, ia berbaring dan meninggal dunia saat itu pula. tubuhnya penuh dengan keringat yang mengalir. Keringatnya tak berhenti mengalir, sampai kami menutup badannya dengan pakaian miliknya.

Salah satu wasiatnya adalah permintaan untuk mengafani jenazahnya dengan tiga potong kain tanpa baju dan sorban. Kami pun melakukan sesuai dengan wasiatnya.

Setelah kami menguburkannya, tercium bau yang sangat wangi, lebih wangi daripada misik. Bau tersebut tercium selama beberapa hari. Sesudah itu, tampak cahaya memanjang ke atas dari kuburnya.

Masyarakat terkejut melihat itu dan berdatangan mengunjungi kuburnya. Mereka menambahkan tanah pada kubur, hingga kubur jadi tampak dari jauh. Kami saat itu tak mampu menyewa penjaga kubur, sehingga kami membuat pagar di sekeliling kubur agar masyarakat hanya dapat melihat dari luar pagar. Masyarakat yang datang membuat gundukan di sekitar kubur agar bisa ke arah kubur dari atas gundukan.

Bau wangi yang tercium itu bertahan dalam waktu yang cukup lama, sehingga membuat takjub masyarakat serta mereka yang memusuhi Bukhari semasa hidupnya. Bahkan, ada dari mereka yang ikut menziarahi kuburnya dan bertaubat menyesali perbuatannya.

*******

Sumber kisah: Shalahudin As-Said, Detik-Detik Sakaratul Maut (Solo: Aqwam, 2008), hlm. 65-66

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s