Pahami & hargai perbedaan aliran dalam Islam!

Pak Shodiq yang baik, saya mengenal Bapak dari blog muslim moderat yang secara kebetulan saya buka setelah googling seputar manhaj. Saya menyukai tulisan Bapak di sini dan nampaknya Bapak adalah orang yang tepat untuk saya jadikan tempat saya bertanya.

Saya hanya satu dari sekian ribu pencari nafkah yang setiap hari melaju antara Bogor-Jakarta. Pendidikan saya di bidang Agama Islam sebatas apa yang pernah saya pelajari di bangku sekolah, itupun enam tahun pertamanya saya jalani di sebuah yayasan pendidikan Kristen di Depok.

Satu tahun belakangan ini Alhamdulillah sudah muncul dorongan di hati saya untuk mengisi kekosongan dalam hal ilmu agama. Satu tahun ini juga saya mengikuti pengajian yang diadakan di kantor, dan sepanjang perjalanan commuting, mendengarkan sebuah radio salafi yang berisi kajian ilmiah dan murrotal.

Sebagai seseorang tanpa referensi yang baku, saya mengalami kebingungan dengan tarik menarik antar berbagai paham. Saya menyukai ajaran salaf yang rinci, tasawuf yang hening dan pemikiran liberal yang modern. Namun diantara manhaj-manhaj tersebut kelihatannya saling menjauhi satu sama lain.

Saya percaya bahwa keimanan saya adalah tanggung jawab saya sendiri, sehingga meskipun saya bisa berlindung di balik ketidak-tahuan saya, saya tetap merasa perlu untuk memahami konsep-konsep yang seharusnya dipahami oleh seorang muslim. Di sini saya mohon bantuan Bapak.

Saya akan sangat berterima kasih apabila Pak Shodiq bisa mereferensikan buku-buku yang bisa memberi saya pemahaman tentang posisi paham-paham yang ada… agar saya bisa menyikapi perbedaan pandangan antara paham tersebut dengan baik. Sebenarnyalah saya masih harus belajar hal yang paling dasar seperti tauhid, akhlak dan sejenisnya, namun saya merasa perlu untuk mengiringi pelajaran tersebut dengan sedikit pengetahuan tentang pola pikir yang berkembang di berbagai paham, mengingat buku-buku Islam yang seharusnya sangat mendasar ternyata dipengaruhi pula oleh perbedaan paham penulisnya.

Tanggapan M Shodiq Mustika:

Alhamdulillaah…. saya bersyukur menjumpai penyimak ilmu agama Islam yang bersikap dengan begitu tepat: memperhatikan pola pikir atau pola pemahaman ulama/mubalig yang menyampaikan pesan dakwah kepada kita. Memang begitulah seharusnya kita dalam mengkaji Islam. Bukan membiarkan diri dalam kebingungan, bukan pula cari mudahnya saja dengan bersikap fanatik terhadap satu pola pikir tertentu.

Sebenarnya ada banyak buku berbahasa Indonesia yang dapat kita jadikan rujukan untuk memahami posisi paham-paham Islam yang ada. Yang saya rekomendasikan sebagai “bacaan wajib” adalah buku karya Nurcholish Madjid, Islam: Doktrin dan Peradaban (Jakarta: Paramadina, sudah cetak ulang berkali-kali).

Sesudah itu, kalau mau lebih memperdalam, buku-buku berikut ini layak dibaca:

W. Montgomery Watt, Studi Islam Klasik: Wacana Kritik Sejarah (Tiara Wacana, 1999)

Abu’l-Wafa’ al-Taftazani, Perkembangan Tasawuf dari Zaman ke Zaman (Bandung: Pustaka, 1982)

Fuad Muh Fakhruddin, Sejarah Perkembangan Pemikiran Islam (Cet. Kedua, Bandung: Mizan, 2000.)

H.A.R. Gibb, Aliran-Aliran Modern Dalam Islam (Jakarta: Rajawali Pers, 1991)

Charles Kurzman, Wacana Islam Liberal (Jakarta: Paramadina, 2001)

Wallaahu a’lam.

Comments
4 Responses to “Pahami & hargai perbedaan aliran dalam Islam!”
  1. Muda Bentara mengatakan:

    Semoga kita bisa lebih bijak menyikapinya ….salam .

  2. ariefdj™ mengatakan:

    ..kalo menurut pendapat saya pribadi sih, sebelum ‘melangkah lebih jauh’, ya dasar-dasarnya dulu dipelajari.. belajar mulai dari tafsir Al Qur’an dan kumpulan2 Hadits.. Baru deh bisa dengan nyaman mempelajari aliran2 yang ada kemudian.. Ibaratnya, kalo masih ‘TK’, kan gak pantas langsung belajar Mekanika Quantum, mulai pengenalan huruf, belajar membaca, paham hitung2an, dst.. Jadi, kalo mau yang secure sih, jika ingin memahami aliran dalam Islam, ya pahami dulu Al Qur’an.. Syukur2 mau belajar bahasa Arab dulu..

  3. achoey sang khilaf mengatakan:

    yup
    semoga kita bisa lebih bijak🙂

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Pahami & hargai perbedaan aliran dalam Islam! Pak Shodiq yang baik, saya mengenal Bapak dari blog muslim moderat yang secara kebetulan saya buka setelah googling seputar manhaj. Saya menyukai tulisan Bapak di sini dan nampaknya Bapak adalah orang yang tepat untuk saya jadikan tempat saya bertanya. Saya hanya satu dari sekian ribu pencari nafkah yang setiap hari melaju antara Bogor-Jakarta. Pendidikan saya di bidang Agama Islam sebatas apa yang pernah saya pelajari di bangku sekolah, itupun e … Read More […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s