Semangat orang Islam dalam menyambut Natal

Barusan aku browsing di internet. Aku nyari tau gimana sikap saudara2ku sesama muslim dalam “menyambut” Natal. Salah satu kesimpulanku, ternyata ada sekelompok muslim di dunia maya ini yang paling bersemangat dalam menyambut Natal. Tahukah kau?

Mereka yang paling bersemangat itu ialah kaum yang menyebut diri mereka “salafi”. Seperti biasanya, sambutan mereka sangat panas. Mereka tampilkan kembali fatwa ulama panutan mereka yang mengharamkan segala bentuk ucapan selamat hari raya kepada pemeluk agama lain. Sebagian diantara mereka menambahinya dengan keterangan bahwa ulama mereka itulah yang “mumpuni”, yang benar fatwanya. Dengan amat bersemangat, mereka mengatakan bahwa orang yang menghalalkan ucapan selamat natal (dan hariraya nonmuslim lainnya) tidak mengikuti hukum Allah tapi mengikuti hawa nafsu belaka.

Hmmm…. ada banyak ulama di zaman sekarang yang membolehkan pengucapan selamat Natal dan hariraya nonmuslim lainnya. (Sebagian kecil diantara mereka malah menganjurkannya.) Diantara ulama atau tokoh Islam yang membolehkan pengucapan Selamat Natal dan hariraya nonmuslim lainnya adalah Syaikh Yusuf Qardhawi, Dr M Quraish Shihab, Gus Dur, Buya Syafi’i Ma’arif, Amien Rais, Dien Samsuddin…. Apakah mereka mengikuti hawa nafsu belaka?

Ah, aku tidak berani bersangka buruk begitu. Al-Qur’an melarang kita bersangka buruk kepada saudara sesama muslim, ‘kan? Apalagi kita sudah mengakui kebenaran ungkapan “wallaahu a’lam” (dan Allah lah yang lebih tahu).

Gitu aja dulu deh. Gak perlu aku berpanjang-kata kali ini. Aku tak mau “terlalu bersemangat” dalam menyambut Natal. Suasana hati masyarakat sekarang cenderung panas dan gampang mendidih. Padahal, Islam merupakan agama pembawa kedamaian dan cinta-kasih, bukan? (Ingat, sifat Tuhan yang paling sering kita sebut adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s