Sudahkah kita mendalami Islam, khususnya mengenai pra-nikah?

Saya mau tanya bagaimana cara mencari seorang pendamping hidup yang soleh? dulu saya pernah punya pacar, tapi setelah saya lebih mendalami tentang Islam saya jadi tau bahwa di Islam itu tidak ada yang namanya pacaran, dan sudah 4 tahun saya tidak punya pacar dan usia saya sudah 21 tahun. ibu saya selalu bertanya mana pacarnya? terkadang saya sedih kalau ditanya seperti itu, dan kalaupun saya punya pacar saya takut akan berbuat zina. bagaimana solusinya?

Jawaban M Shodiq Mustika:

Benarkah kamu “lebih mendalami tentang Islam”? Maaf, aku meragukan pernyataanmu. Sebab, orang yang benar-benar sudah mendalami Islam tentu akan menyadari betapa dia belum banyak tahu tentang Islam. Lain halnya dengan orang yang baru mempelajari Islam sebatas “kulit”-nya saja. Ia mengira sudah tahu, padahal banyak hal yang belum diketahuinya.

Pernyataanmu bahwa kamu “jadi tau bahwa di Islam itu tidak ada yang namanya pacaran” itu menunjukkan bahwa kamu belum memahami ilmu ushul fiqih. Kamu tampaknya belum tahu bahwa menurut kaidah dari ushul fiqih, semua hubungan antarmanusia (termasuk pacaran) itu boleh, kecuali yang terlarang secara qath’i. (Dalam kaitannya dengan pacaran, yang terlarang secara qath’i adalah mendekati zina. Jadi, selama tidak mendekati zina, pacaran itu tidak terlarang.)

Kalau sekarang kamu mau mengakui bahwa kamu belum begitu mendalami ajaran Islam tentang pranikah, sehingga mau mempelajarinya lagi dan lagi, aku persilakan dirimu menyimak “konsep mencari jodoh secara islami” dan postingan-postingan di sini yang ber-tag “pacaran islami”: http://muslimromantis.wordpress.com/tag/pacaran-islami/

Comments
4 Responses to “Sudahkah kita mendalami Islam, khususnya mengenai pra-nikah?”
  1. bacaanqyu mengatakan:

    Dizaman sekarang ini gk ada yang namanya pacaran gk mendekati zina.
    Jangankan berduaan, telponan atau memamndang lawanjenis yang bukan mahromnya aja gk boleh.
    Banyak puasa ajalah…

  2. yupz,,, kalo mw jauh dari zina,.. jangan pacaran deh,… karena saya yakin pacaran lebih banyak mudaratnya ketimbang mamnfaatnya,..

  3. MALA mengatakan:

    PCRAN JARAK JAUH AJ BIAR TERHINDAR DARI ZINA

  4. MALA mengatakan:

    saya jg susah mo pcran skrg cz saya takut dgn zina mk’y saya pilih pcran jarak jauh lw ktmu jg ga lama2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s